18 Mei 2019

Perbedaan OTT Dan IPTV

Inilah Perbedaan OTT Dan IPTVKita sering mendengar istilah OTT dan IPTV ketika berbicara tentang industri streaming video, satu dari dua kata tersebut mungkin akan terasa asing di dengar bagi anda, disini akan kita jelaskan.


OTT dan IPTV, keduanya, merujuk pada pengiriman konten ke pengguna akhir, namun, ada perbedaan mencolok dalam mekanisme yang digunakan oleh keduanya untuk pengiriman konten. Disini kita akan berusaha memberikan kejelasan tentang perbedaan OTT dan IPTV.

OTT adalah salah satu istilah paling populer di segmen hiburan saat ini karena merupakan pusat dari penggabungan antara dunia online dan televisi.

OTT menawarkan kemampuan untuk dengan cepat menawarkan berbagai layanan streaming kepada pelanggan sehingga mereka dapat menonton apa pun yang mereka inginkan, kapan pun mereka mau, di mana saja mereka inginkan (melalui jaringan data / Wi-Fi) di perangkat mana pun yang mereka inginkan (pilihan perangkat - tablet, smartphone, desktop, laptop).

Perbedaan OTT Dan IPTV
Untuk saat ini Penyedia layanan streaming yang menawarkan solusi Internet Protocol Television (IPTV) atau Over-the-Top (OTT) lebih disukai daripada penyedia layanan yang tidak menawarkan layanan ini.

Apa itu OTT?

OTT mengacu pada "over-the-top", yang berarti distribusi video-on-demand (VOD) dan konten film yang dikirimkan melalui internet tanpa mengharuskan perlunya berlangganan kabel tradisional atau layanan TV berbayar satelit seperti mncvision atau bigtv.

Contoh Beberapa layanan OTT yang populer termasuk iflix, hooq, Netflix, video Amazon Prime dan Hulu. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang OTT.

Apa itu IPTV?

IPTV mengacu pada Internet Protocol Television yang digunakan untuk mengirim video dan layanan terkait melalui internet.

Untuk mendapatkan IPTV, koneksi broadband dan router diperlukan. Jadi video dikirim melalui internet untuk diterima di PC atau perangkat lain. Salah satunya yang popule adalah menggunakan STB,  yang menyertakan layanan IPTV akan memungkinkan Anda mengakses saluran TV seperti Beinsport, Fox Network, CBS, HBO dll.

IPTV adalah teknologi untuk menonton televisi menggunakan Protokol Internet melalui LAN atau Internet, alih-alih menonton TV melalui kabel atau satelit. IPTV memiliki keunggulan dibandingkan media yang diunduh karena IPTV dapat streaming langsung dari sumbernya, dalam potongan data yang lebih kecil. Efek ini dikenal sebagai media streaming.

Untuk mengetahi lebih lanjut tentang IPTV dan untuk memahami cara kerja dalamnya termasuk arsitekturnya mari kita simak ulasan dibawah ini.

Apakah OTT lebih baik dari IPTV? Apa bedanya?

OTT dan IPTV sama-sama memiliki sistem di mana video dikirimkan melalui internet. Jadi apa sebenarnya perbedaan antara keduanya?

IPTV dikirim melalui infrastruktur penyedia layanan (perangkat keras / peralatan) sendiri sedangkan OTT disampaikan melalui internet publik.

Meskipun OTT dan IPTV menggunakan internet untuk mengirimkan konten streaming, streaming OTT disediakan melalui internet terbuka yang tidak dikelola sedangkan IPTV menggunakan jaringan atau infrastruktur khusus yang dikelola yang disediakan oleh operator.

Dengan layanan seperti Netflix, Hulu, YouTube dan lainnya, OTT telah mendapatkan peningkatan popularitas dalam beberapa tahun terakhir.


Mari kita lihat tentang perbedaan mendasar antara IPTV dan OTT.

IPTV OTT
Skalabilitas jaringan, aplikasi pengguna akhir
dan infrastruktur adalah tiga area konsentrasi paling penting.
Tidak memerlukan beberapa operator sistem untuk mengontrol dan mendistribusikan konten
Membutuhkan 3 komponen utama yaitu pribadi, TV terhubung berbasis IP, headend konten (fasilitas utama untuk menerima, memproses dan mendistribusikan sinyal IPTV) dan satu set-top box. Konten dikirimkan ke perangkat yang terhubung menggunakan jaringan Internet publik yang tidak dikelola. Tidak diperlukan peralatan eksternal seperti set-top box.
Konten dikirim melalui infrastruktur ISP sendiri yang mungkin menyerupai pengaturan TV kabel digital yang ada namun berbeda dari TV kabel digital dalam arti bahwa sinyal IPTV ditransmisikan menggunakan protokol (format) dan jaringan yang berbeda. 
Tidak menggunakan jaringan khusus, infrastruktur disediakan oleh operator.
Penyedia layanan IPTV bekerja dengan saluran TV dan terutama bertujuan untuk mendistribusikan konten saluran dengan opsi untuk mengejar ketinggalan TV (merekam, memutar ulang), TV yang bergeser waktu. Penyedia layanan IPTV mungkin atau mungkin tidak menawarkan video pada konten permintaan. Penyedia layanan OTT bekerja dengan distributor / rumah produksi dan terutama bertujuan untuk memperoleh dan mengirimkan konten berdasarkan permintaan sambil menyediakan opsi streaming langsung Saluran TV.
IPTV mengharuskan perangkat untuk dihubungkan melalui koneksi berbasis kabel broadband OTT dapat dilihat pada data perangkat apa pun atau Wi-Fi dan tidak memerlukan konektivitas berbasis broadband.
Layanan IPTV biasanya menyediakan EPG (Electronic Program Guide) yang merupakan panduan di layar program televisi pemrograman siaran terjadwal. Penyedia layanan OTT biasanya menyediakan katalog konten yang dapat dilihat untuk dipilih dan dipilih oleh penggunanya

Penyedia layanan internet (ISP) yang benar-benar mengirimkan konten yang datang dari penyedia OTT seperti Netflix, Hulu atau Amazon Prime melakukannya hanya dengan mengirimkan paket IP data dan bukan "konten video". Mereka tidak membedakan antara paket data yang membawa klip video dari paket data yang membawa sepotong email. Kualitas konten dan gambar untuk OTT dan IPTV berbeda. OTT menggunakan internet publik untuk transportasi, karenanya kualitas konten media bervariasi sesuai dengan kualitas dan kecepatan koneksi internet.

Jadi pada dasarnya kualitas konten adalah perbedaan antara OTT dan IPTV. Karena konten yang disediakan IPTV ditransmisikan melalui jaringan yang dikelola oleh penyedia layanan yang langsung menjangkau pelanggan, kualitas video yang lebih tinggi diterima.


Dalam OTT, kualitas konten tidak dikontrol seperti bagaimana dikendalikan oleh metrik standar untuk IPTV dari Forum Interoperabilitas IPTV (IIF). Karena OTT menyediakan media melalui agregator konten dan konten yang dibuat pengguna yang tidak dikelola maka tidak dapat dijamin "berkualitas tinggi".

Model bisnis, kualitas layanan, kualitas konten, kepemilikan, biaya dll. Berbeda untuk OTT dan IPTV.
Sederhananya, pemrakarsa over-the-top (OTT) mengatakan itu semua harus tentang pemirsa dan maksudnya mereka harus dapat mengakses konten yang mereka inginkan dan menontonnya kapan saja dan di mana saja di perangkat yang mereka pilih. .

Para pendukung OTT percaya bahwa OTT memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan IPTV karena streaming konten video melalui IPTV memerlukan set-top-box yang dalam banyak kasus mencakup konten yang disediakan oleh pemasok tertentu. Karena ini adalah tentang pemirsa dan pemirsa dapat memutuskan konten yang mereka inginkan untuk diakses dan ditonton kapan pun dan di mana pun mereka inginkan dan pada perangkat yang mereka pilih dengan pemasangan sederhana aplikasi streaming video sehingga mereka benar-benar dapat menonton TV di mana-mana.

IPTV di sisi lain mempertanyakan mengapa penyedia layanan yang memberikan bandwidth untuk streaming konten harus dibebani dengan biaya untuk meningkatkan jaringan mereka untuk mengelola permintaan bandwidth besar dari video OTT.

Dengan bagaimana OTT telah berkembang dalam hal ditawarkan untuk tontonan multiscreen, secara real-time melalui media sosial dan benar-benar memenuhi istilah "TV Everywhere", itu menantang semua bentuk media seperti TV tradisional / TV linier, TV satelit dll yang diperkenalkan sebelum permulaannya. Jadi semakin banyak pemirsa yang mempertimbangkan untuk berhenti berlangganan IPTV (Internet Protocol Television) dan beralih ke OTT.

Seperti apa kedepannya? pilih OTT atau IPTV?

Nah, jawabannya terletak pada detail dalam hal seberapa baik penyedia memenuhi tujuan pengiriman mereka. Pengalaman pengguna adalah apa yang akan menentukan apa yang akhirnya dipilih oleh pengguna. Jadi solusinya adalah bagaimana penyedia komunikasi, vendor, dan industri secara keseluruhan memilih untuk mendekati tantangan dalam menyediakan pengalaman pengguna yang hebat.

Pemenangnya adalah penyedia yang berupaya memanfaatkan peluang OTT dan memberikan kualitas superior kepada pelanggan IPTV mereka.

Sumber : https://www.muvi.com/blogs/get-this-straight-ott-vs-iptv.html

Baca Juga :

Penelusuran terkait : Kode Aktivasi ZalTV Terbaru, download Kode Aktivasi ZalTV Terbaru, Kode Aktivasi ZalTV aktif 1 tahun, Kode Aktivasi ZalTV Terbaru masa aktif lama, channel lengkap Kode Aktivasi ZalTV Terbaru, Kode Aktivasi ZalTV channel lengkap, Kode Aktivasi ZalTV channel dewasa, Kode Aktivasi ZalTV Terbaru 18+, Kode Aktivasi ZalTV channel olah raga, Kode Aktivasi ZalTV Terbaru channel HBO, Kode Aktivasi ZalTV Terbaru channel lokal, Kode Aktivasi ZalTV Terbaru, channel banyak, Activation ode ZalTV, Activation ode ZalTV terbaru, Activation ode ZalTV masa aktif lama, Activation ode ZalTV masa aktif 1 tahun, Activation ode ZalTV channel terlengkap masa aktf lama.

0 komentar

Posting Komentar