1 Juni 2018

5 Jenis Aplikasi Android Yang Harus Anda Hapus

Inilah 5 Jenis Aplikasi Android Yang Harus Anda Hapus - Saat ini sudah ada berjuta-juta aplikasi yang bisa anda download dan install secara gratis untuk melengkapi smartphone anda, aplikasi yang beragam membuat smartphone kita bisa memiliki banyak fitur dan kegunaan sehingga dapat memuaskan para penggunanya.

Dengan banyaknya aplikasi yang beredar tersebut, tak heran jika tidak semua aplikasi tersebut bermanfaat, banyak juga aplikasi yang dibuat dengan asal-asalan dan hanya mementingkan kepentingan bisnis, bahkan saat ini juga beredar aplikasi yang tidak bermanfaat yang mempunyai tujuan untuk kejahatan seperti pencurian data, pencurian informasi pribadi, dan lain-lain.

5 Jenis Aplikasi Android Yang Harus Anda Hapus
Hal ini sebenarnya telah diselidiki dan di antisipasi oleh pihak store atau tempat penyedia aplikasi seperti google playstore dan app store, namun untuk mencegah sesuatu yang tidak inginkan, hendaknya kita bersikap waspada dan mengambil jalan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut, untuk menghapus apliaksi yang beresiko memiliki tujuan lain selain fungsi utama.

Hal ini terutama untuk pengguna Android yang selalu mendownload aplikasi di playstore, karena Google playstore memiliki pengawasan yang lebih sedikit dibandingkan App Store, namun para pengguna Iphone juga harus tetap berhati-hati.

Inilah 5 Jenis/Kategori  Aplikasi Android Yang Harus Anda Hapus,

1. Aplikasi Flashlight
Untuk apa menginstall aplikasi senter jika fitur ini sudah ada dan terinstal di sistem operasi smartphone bawaan.

Orang-orang telah menggunakan smartphone mereka sebagai lampu senter darurat sejak dulu. tapi dahulu kita perlu menginstal apalikasi flshlight atau mengoptimalkan pencahayaan pada layar ponsel kita, sekarang Android dan iOS memiliki fitur senter uang sudah tersedia dalam sistem operasi atau  OS bawaan. Meskipun demikian, orang-orang terus menggunakan aplikasi lampu senter yang dipenuhi iklan yang tidak menawarkan sesuatu yang berguna melalui solusi yang ada di dalamnya.

Coba anda telusuri “flash light/lampu kilat” di Google Play Store dan Anda akan melihat puluhan aplikasi lampu senter dengan jutaan unduhan. Yang paling populer semuanya memiliki banyak iklan dan memerlukan izin invasif seperti lokasi dan daftar kontak Anda. Tentu saja ini berbahaya dan rawan, para pengembang yang tidak bertanggung jawab kemudian menggunakan ini untuk menjual data Anda ke pengiklan sehingga mereka dapat menghasilkan lebih banyak uang.

Abaikan aplikasi senter dan cukup gunakan fungsi bawaan di ponsel Anda. Di Android, Anda akan menemukannya dengan menyeret turun dua kali dari bagian atas layar untuk membuka panel Akses Cepat. Pengguna iPhone dapat menggeser ke atas dari bagian bawah layar untuk mengakses Control Center dan memulai senter di sana.

2. Aplikasi Keyboard
Pertimbangkan kembali jika anda ingin mengganti aplikasi keyboard bawaan atau hanya sekedar ingin mempercantik tampilan keyboard pada smartphone anda.

Mengganti keyboard ponsel memang sangat diminati oleh para pengguna smartphone, ini terjadi karena aplikasi keyboard dari pihak ke tiga menawarkan fitur dan tampilan yang lebih menarik ketimbang keyboard bawaan smartphone kita tersebut.

Namun perlu di ingat bahwa aplikasi keyboard yang anda miliki sebenarnya dapat melihat atau merekam semua yang Anda ketikkan, termasuk kata sandi, pesan pribadi untuk orang yang Anda cintai, dan informasi keuangan Anda. 

3. Game Gratis
Munculnya Game-game gratis yang bisa di install bebas, menjadi salah satu cara pengembang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan pencurian data pribadi, game yang ditawarkan memang gratis dan tanpa biaya apapun, namun, mereka mendapatkan uang dengan cara lain, karena itu tak heran jika aplikasi atau game gratis memiliki banyak iklan yang sering mengganggu.

Untuk menghindari pencurian data, jangan install aplikasi game gratis pada smartphone anda atau jika terlanjur terinstal, jangan biarkan atau jangan berikan otoritas apapun seperti akses internet dan lain-lain pada aplikasi ini.

4. Aplikasi Antivirus
Pada dasarnya, aplikasi Antivirus yang di install di Smartphone tidak akan berguna sama sekali, apalagi jika kita menginstallnya di iphone, karena iphone memiliki tingkat keamanan yang sangat baik, kecuali Aplikasi antivirus ini berguna di smartphone yang berstatus root, hal ini untuk menghindari kegagalan sistem pada sistem root android.

Justru menurut pengalaman beberapa pengguna smartphone, dengan menginstal aplikasi Antivirus ini justru akan mengganggu kinerja smartphone kita, karena banyaknya iklan yang muncul dan mengganggu yang dibawa aplikasi antivirus tersebut.

5. Aplikasi Penghemat Baterai.
Aplikasi Penghemat baterai saat ini banyak sekali, bahkan ada yang satu paket dengan aplikasi antivirus atau aplikasi cleaner, sebenarnya Aplikasi ini tidak perlu di install karena fitur bawaan smartphone juga sudah memiliki fitur penghemat baterai yang lebih efektif dan mudah untuk digunakan.

Saat ini anda perlu mempertimbangkan aplikasi apa saja yang perlu ada di smartphone anda, ini baik dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti pencurian data pribadi dan sejenisnya, gunakan aplikasi yang benar-benar penting menurut anda dan tentu saa anda perlu berhati-hati untuk memilih aplikasi yang harus ada di smartphone anda.

Semoga bermanfaat, Terimakasih

Baca Juga :

Terkait penelusuran anda tentang, aplikasi android yang harus dihapus, agar android kita aman, cara mengatasi pencurian data di android, aplikasi yang berbahaya, aplikasi yang mampu mencuri data pribadi, aplikasi android yang harus dihapus karena berbahaya, aplikasi android yang tidak penting, aplikasi android yang tidak perlu, aplikasi android yang rentan pencurian data pribadi, cara mencegah pencurian data di aplikasi android.

5 Jenis Aplikasi Android Yang Harus Anda Hapus

0 komentar

Posting Komentar