March 23, 2018

Penyebab Sinyal Parabola Lemah

Inilah Penyebab Sinyal Parabola Lemah Atau Kurang Maksimal - Chanel-chanel yang ditangkap oleh antena parabola memang bisa sangat banyak dan jauh berbeda jika kita hanya menggunakan antena UHF, Jalur UHF pilihan chanelnya tidak terlalu banyak, untuk itu dengan menggunakan antena parabola kita akan memiliki tontonan yang bervariatif dari banyaknya chanel yang ditangkap.

Namun dengan menggunakan antena parabola ini tidak semua chanel memiliki kualitas tayangan yang bagus, hal ini disebabkan sinyal dari parabola yang kurang optimal sehingga chanel yang ditampilkan tidak begitu baik, hal ini sering terjadi di setiap perangkat parabola ada beberapa chanel yang tidak tampil dengan baik di layar televisi kita.
Penyebab Sinyal Parabola Lemah - TONOMONS.COM

Fungsi parabola adalah menangkap dan merefleksikan sinyal dari satelit ke sebuah LNB lalu di teruskan ke perangkat DVB dan akhirnya ditampilkan dilayar TV kita, meskipun satelit ini memancarkan sinyal Digital yang bisa dibilang memiliki daya pancar dan kualitas yang bagus, namun tetap saja sering terjadi gangguan, gangguan pada sinyal parabola atau sinyal sateli ini dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Inilah Beberapa Penyebab Yang Dapat Mengakibatkan Sinyal Parabola Lemah.

1. Posisi/arah parabola kurang tepat
Arah parabola sangat menentukan sekali untuk bagus tidaknya kualitas sinyal yang diterima, jika anda mengalami sinyal parabola yang lemah, lakukanlah tracking ulang untuk mendapatkan sinyal parabola yang maksimal.

2. LNB Sudah lemah / rusak
LNB adalah salah satu komponen dari parabola yang sangat penting fungsinya, fungsinya adalah untuk menerima sinyal yang telah di refleksikan oleh piringan parabola, jika LNB lemah dan sudah tidak sensitif lagi dalam menerima sinyal, maka sinyal yang didapat akan lemah bahkan hilang.

3. Bentuk Parabola Berubah
Bentuk parabola yang bulat dan cekung memiliki titik fokus dimana disitu LNB diletakan, jika bentuk parabola sudah tidak presisi lagi, maka titik fokus akan kacau karena sinyal satelit tidak ter refleksikan dengan baik oleh dish jaring parabola atau parabola solid.

4. Kerusakan Kabel Dan Konektor
Lemahnya sinyal juga bisa disebabkan oleh instalasi kabel dan konektor yang tidak baik, bisa saja kabel sudah lama sehingga sudah tidak optimal untuk menghantarkan sinyal, begitu juga konektor, konektor menjadi alat penghubung antara kabel dengan LNB atau dengan receiver, hal yang paling umum terjadi jika sinyal lemah adalah konektor yang berkarat. di usahakan cek dan ganti konektor secara berkala.
baca juga : Cara Pasang Konektor Kabel Parabola Yang benar

5. Receiver Rusak
Receiver yang berfungsi merubah sinyal satelit yang diterima LNB menjadi Audio Visual juga bisa berpengaruh terhadap lemahnya sinyal, receiver yang rusak atau sudah lama bisa jadi sensitifitas konversi sinyalnya mulai melemah.
Lihat juga : Tips Agar Penggunaan Receiver Parabola Awet

6. Cuaca Buruk
Jika sinyal satelit tiba-tiba melemah, naik turun bahkan hilang, mungkin saja ada gangguan berupa cuaca buruk, ini tidak bisa di hindari, yang bisa kita lakukan adalah menunggu sampai cuaca membaik.

7. Parabola Terhalang
Parabola yang terhalang sebagian atap rumah ataupun pohon di dekatnya bisa berdampak penerimaan sinyal yang buruk, sehingga lalu lintas sinyal dari satelit mengalami hambatan.

8. Interfensi
LNB (Low Noise Block) pada parabola itu bekerja berdasarkan frekwensi digital, karena alat-alat, mesin disekitar rumah kita juga memiliki frekwensi sejenis walaupun berbeda range, namun interfensi/gangguan alat-alat lain ini juga sering terjadi, contohnya LNB Sband yang terganggu sinyalnya jika ada sinyal Wifi di dekatnya.

9. Out Beam
Satelit itu memiliki Jangkauan sinyal (beam) pada daerah tertentu tergantung kemana satelit itu di arahkan pancarannya jika sinyal satelit lemah bisa jadi satelit yang anda lock beam atau jangkauan sinyalnya bukan untuk daerah anda atau biasa disebut OUT BEAM

10. Gangguan Satelit
Satelit yang memancarkan sinyal di langit sana juga bisa saja mengalami gangguan, baik itu maintenance, ataupun kesalahan sistem yang menyebabkan satelit mati, seperti yang terjadi pada satelit TELKOM 1 kemarin.

11. Sun Outage.
Sun outage biasa disebut gerhana satelit, ini biasanya terjadi 2 kali selama 1 tahun, SUN OUTAGE terjadi karena radiasi yang dipancarkan Matahari pada saat SUN OUTAGE mengakibatkan interferensi sesaat pada semua sinyal satelit, dan sinyal digital Cband, dan Kuband), sehingga satelit mengalami kehilangan komunikasi dengan Bumi.
baca disini : Pengertian SUN OUTAGE (Gerhana Satelit)


Itulah Beberapa Alasan yang mendasari Penyebab Sinyal Parabola Lemah, jika sinyal parabola anda lemah yang ditandai dengan chanel pada siaran parabola anda mengalami gangguan dan tidak bisa ditonton, jika ini terjadi anda perlu mengecek perangkat anda secara keseluruhan dan mencari sebabnya dengan teliti.

Semoga Bermanfaat, Terimakasih.


Terkait Penelusuran anda tentang, Penyebab Sinyal Parabola Lemah, gangguan satelit, chanel parabola hilang, sinyal parabola hilang, sinyal parabola naik turun, agar sinyal satelit kuat, mengoptimalkan sinyal parabola, agar sinyal lnb bagus, agar receiver awet, gerhana satelit, sun outage, sinyal satelit tiba tiba hilang, sinyal parabola naik turun, gangguan chanel parabola.

0 komentar

Post a Comment