18 Januari 2018

PERBEDAAN PARABOLA OFFSET DENGAN PRIME FOKUS

Inilah Perbedaan Parabola Offset Dengan Parabola Prome Fokus -  Jika berbicara tentang parabola, mungkin kita sudah tidak asing lagi, jika membayangkan parabola pastilah kita membayangkan sebuah antena berukuran besar yang mirip seperti payung terbalik, namun saat ini telah bertambah referensi bayangan kita tentang bentuk sebuah parabola, itu karena hadirnya parabola -parabola kecil yang banyak menempel di tembok tetangga yang lebih dikenal dengan sebutan parabola mini, parabola pay tv, dish mini.

Namun ternyata kata-kata diatas hanya sebutan saja, ternyata parabola yang selama ini kita kenal memiliki nama jenis secara ilmiah, ada dua jenis parabola yang dapat kita kenali berdasarkan bentuknya, yaitu parabola jenis Prime Fokus dan Parabola Jenis Offset.

Inilah Perbedaan Parabola Offset Dengan Parabola Prome Fokus

Dari segi bentuknya saja sudah berbeda walaupun memiliki fungsi yang sama, tetapi kedua jenis parabola ini pada intinya bisa dibedakan hanya dengan melihat bentuknya saja. 

Parabola Prime Fokus

Untuk Parabola berjenis prime fokus siynal dari satelit diterima dan dipantulkan oleh kepingan atau jaring parabola dan difokuskan pada satu titik yaitu pada tiang fokus yang berada tepat di tengah, sedangkan pada offset siynal dipantulkan pada titik lain yang berbeda dari titik fokus.


Prime fokus hasilnya akan lebih bagus dibandingkan jenis offset. Hal ini terjadi karena sinyal yang terkumpul dan diterima oleh LNB pada tiang fokus lebih banyak dan tidak melebar keluar arah fokus. Selain itu jenis LNB yang digunakan berbeda pada scalar ring, pada prime fokus menggunkan skalar ring  datar, sedangkan untuk LNB offset menggunakan scalar ring berbentuk kerucut.

Parabola Offset

Parabola Ofset memiliki bentuk yang berbeda dengan Prime fokus, tiang fokusnya pun tidak berada ditengah diatas pusat lingkaran parabola, tetapi lebih berada disamping, parabola offset memiliki metode pantulan sinyal yang diterima oleh lnb berbeda denngan prome fokus, karena tiang fokus berada disamping maka arah parabola offset tidak terlalu menghadap keatas, sehingga memudahkan untuk pemasangan dan dapat di tempatkan walau hamya menempel di tembok rumah.

Parabola jenis offset saat ini banyak digunakan oleh pay tv, hal ini dikarenakan memudahkan dalam pemasangn dan tidak memakan banyak tempat, Parabola offset biasanya dipasangkan dengan jenis lnb ku Band atau S band, contohnya dipakai oleh pay tv di Indonesia seperti Orange TV, Indovision, Big TV, . Sedangkan untuk fokus lebih banyak digunakan untuk C Band.

Itulah perbedaan secara mendasar parabola jenis Prime Fokus dan Parabola jenis Offset, kedua parabola tersebut memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing, sehingga dibedakan menurut kebutuhan walaupun fungsinya sama.

Semoga bermanfaat Terimakasih

BACA JUGA :

Terkait Penelusuran anda tentang, perbedaan parabola ofset dan prine fokus, perbedaan dish ofset dan dish prime fokus, perbedaan parabola mini dan parabola jaring, jenis-jenis parabola adalah, jenis parabola, jenis parabola, bentuk parabola, parabola offset, parabola prime fokus, parabola mini, dish mini, dish besar, dish jaring, dish mini kuband, dish jaring cband, parabola ofset kuband, parabola prime fokus cband.

1 komentar: