January 8, 2018

Perbedaan Antara RAM Dan ROM

Inilah Perbedaan Utama Antara RAM Dan ROM - Bagi semua orang yang menggunakan komputer, gadget dan perangkat elektronik lainnya , penting untuk mengetahui perbedaan antara RAM dan ROM . Jika Anda memahami perbedaan ini, Anda akan bisa lebih memahami bagaimana komputer atau gadget bekerja. RAM dan ROM keduanya berbeda jenis memori dan keduanya menyimpan data di komputer. Pada artikel ini, saya akan bercerita membahas perbedaan utama antara kedua jenis memori ini, yaitu RAM dan ROM.
Perbedaan Antara RAM Dan ROM
Random Access Memory (RAM)
RAM adalah jenis memori yang memungkinkan komputer untuk mengakses ke data yang tersimpan dalam urutan apapun dan dari lokasi fisik manapun dalam memori. RAM bisa dibaca dan ditulis dengan data baru. Manfaat utama RAM adalah memori yang dibutuhkan untuk akses secara bersamaan untuk mengakses data apapun, terlepas dari lokasi data. Hal ini membuat RAM menjadi memori yang sangat cepat. Komputer bisa membaca dari RAM dengan sangat cepat dan juga bisa menulis data baru di RAM dengan sangat cepat.

Read Only Memory (ROM)
Seperti namanya, data ditulis dalam ROM hanya sekali dan permanen. Setelah itu, data hanya bisa dibaca oleh komputer. ROM hanya memori yang sering digunakan untuk menginstal instruksi permanen ke komputer. Instruksi ini tidak akan pernah berubah. Chip ROM menyimpan sistem input / output dasar (BIOS) komputer. 

Perbedaan antara RAM dan ROM
Berikut ini adalah tabel dari  perbedaan mendasar antara RAM dan ROM


RAM
ROM
1
Singkatan dari Random Acces Memory
Singkatan Dari Read Only Memory
2
RAM adalah memori yang bias melakukan tugas read maupun write
Biasanya ROM hanya membaca memori dan tidak dapat ditimpa atau di tambah . Namun, ROM berjenis EPROM dapat diprogram ulang
3
Kecepatan RAM Relatif lebih cepat
ROM relatif lebih lambat dari RAM
4
RAM adalah memori yang mudah menguap, Artinya data dalam RAM akan hilang jika power supply terputus
ROM adalah memori permanen. Data dalam ROM akan tetap seperti itu bahkan jika kita melepas power supply
5
Ada dua jenis RAM:  RAM statis dan RAM Dinamis
Ada beberapa jenis ROM, ROM yang dapat dihapus, ROM Programmable, EPROM dll.
6
RAM menyimpan semua aplikasi dan data saat komputer menyala dan berjalan
ROM biasanya menyimpan instruksi yang diperlukan untuk memulai (booting) komputer
7
Harga RAM relatif tinggi
Chip ROM relatif lebih murah
8
RAM berukuran lebih besar
Chip ROM berukuran lebih kecil
9
Prosesor bisa langsung mengakses isi RAM
Isi ROM biasanya pertama kali ditransfer ke RAM dan kemudian diakses oleh prosesor. Hal ini dilakukan agar bisa mengakses konten ROM dengan kecepatan lebih cepat.
10
RAM sering dipasang dengan penyimpanan yang besar.
Kapasitas penyimpanan ROM yang terpasang di komputer jauh lebih kecil dari RAM

RAM dan ROM merupakan bagian penting dari sistem komputer modern. Apakah Anda ingin tahu kapan ROM bekerja dan kapan RAM sedang digunakan? Nah, ketika Anda menyalakan komputer Anda, Anda mungkin melihat layar hitam dengan beberapa teks putih. Teks ini berasal dari ROM. Instruksi ROM mengendalikan komputer untuk beberapa detik pertama saat Anda menyalakannya. Selama periode ini instruksi seperti "cara membaca dari hard disk" , "menampilkan display di layar" dimuat dari ROM. Begitu komputer  melakukan sistem operasi dasar ini, barulah sistem operasi (Windows / Linux / OSX dll) dibaca dari hard disk  dan dimuat di RAM.

Saat Anda membuka program seperti Microsoft Word , program dimuat dari hard disk komputer ke dalam RAM.

Itulah perbedaan utama antara RAM dan ROM, dan dijelaskan secara singkat dan jelas, semoga bermanfaat, Terimakasih.

sumber : www.techwelkin.com

Terkait penelusuran anda tengtang, Perbedaan Antara RAM Dan ROM, apa itu RAM, apa itu ROM, Ram adalah, ROM adalah, pengertian RAM, pengertian ROM, perbedaan mendasar antara RAM dan ROM, RAM dan ROM adalah, bagaimana RAM bekerja, Bagaimana ROM bekerja, fungsi ram, fungsi rom, fungsi dari ram, fungsi dari rom.

0 komentar

Post a Comment