December 27, 2017

Pengertian Tentang VSAT ( Internetan Via Satelit )

INILAH PENGERTIAN VSAT SECARA LENGKAP - VSAT adalah kepanjangan dari Very Small Aperture Terminal. VSAT adalah sebuah jalur komunikasi melalui satelit yang menggunakan antena berbentuk parabola kecil. Kepanjangan VSAT itu sendiri sebenarnya merujuk kepada ukuran antena yang cenderung kecil, tapi tetap kuat untuk digunakan sebagai terminal telekomunikasi satelit. Ukuran antena VSAT umumnya berkisar antara 0.6 - 2.4 meter. Namun ada juga yang memiliki ukuran antena 3 - 6 meter.

Karena menggunakan satelit, jangkauan sistem komunikasi VSAT dapat mencakup jarak yang sangat sangat jauh. Fungsi VSAT adalah untuk internet satelit, data, TV, LAN, suara dan faksimili serta VoIP, VSAT adalah sistem komunikasi Wide Area Network atau WAN. Singkatnya WAN adalah sebuah jaringan yang memiliki jangkauan sangat luas, bisa mencakup negara atau benua.

Pengertian Tentang VSAT ( Apa Itu VSAT ? )
Antena VSAT adalah alat yang berguna untuk menerima dan mengirim sinyal dari dan ke satelit. Sedangkan satelit berfungsi sebagai penerus sinyal ketika menerima sinyal dari sebuah VSAT. Lalu sinyal yang diteruskan satelit akan sampai ke HUB atau pusat.

Apa saja perangkat yang membentuk sebuah jaringan VSAT? Perangkat jaringan VSAT secara garis besar terdiri dari:

1. Antena-antena VSAT rumahan yang tersebar di berbagai daerah

2. Antena HUB

3. Satelit.

Pada jaringan ini, VSAT dan HUB berperan sebagai stasiun bumi (Earth Stations), sedangkan satelit berperan sebagai stasiun angkasa (Space Station).

Pengertian Tentang VSAT ( Apa Itu VSAT ? )
Apa itu HUB? HUB adalah antena yang berperan sebagai poros atau pusat jaringan telekomunikasi VSAT. HUB berfungsi sebagai penerima dan penerus sinyal dari ribuan VSAT lain, dan bentuknya sangat besar. Antena tersebut berdiameter 4.5 meter sampai 13 meter, dan harganya  sangat mahal.   HUB bukanlah alat yang digunakan oleh seorang user atau pelanggan internet satelit, melainkan alat yang dimiliki oleh operator jaringan.

Setiap pengguna VSAT terhubung dengan stasiun HUB via satelit dalam sebuah susunan topologi star. Terdapat beberapa topologi jaringan pada VSAT, namun umumnya telekomunikasi VSAT menggunakan topologi star. Singkatnya topologi star itu berarti menggunakan sebuah antena yang berfungsi sebagai pusat dari seluruh antena. Dalam telekomunikasi VSAT, pusatnya adalah HUB.

Ketiga komponen ini adalah komponen dasar / utama yang diperlukan untuk membentuk jaringan telekomunikasi VSAT. Tapi sebagai user internet satelit, anda tidak perlu memiliki ketiga komponen tersebut. Anda hanya perlu perangkat VSAT untuk user rumahan saja. 

Seorang user hanya memerlukan dua hal agar bisa internetan dengan VSAT :

1. Langganan internet dari provider internet satelit.

2. Memiliki perangkat-perangkat VSAT seperti; piringan antena, modem satelit, ini biasanya disediakan oleh provider atau penyedia layanan.

Agar dapat digunakan untuk internetan, sebuah VSAT harus terhubung dengan komponen lain, seperti VSAT modem / modem satelit. Modem tersebut dapat disambung dengan kabel LAN yang lalu dihubungkan langsung ke komputer atau ke Wi-Fi router. Voila! Anda bisa internetan deh. Biasanya perangkat ini sudah disediakan oleh provider internet satelit dengan harga yang bervariasi.

Sumber : www.qilat.id


Terkait penelusuran anda tentang, pengertian vsat, apa itu vsat, fungsi vsat, cara kerja vsat kegunaan vsat, internet dengan vsat, apa saja kegunaan vsat, alat-alat untuk vsat, isp vsat, harga isp vsat, internet via satelit, internet jalur satelit, modem vsat, hub vsat.

0 komentar

Post a Comment