December 27, 2017

Fungsi/Kegunaan VSAT Dan Contoh Kegunaannya Dalam Sehari-Hari

INILAH Fungsi/Kegunaan VSAT Dan Contoh Kegunaannya Dalam Sehari-Hari SECARA LENGKAP - VSAT adalah kepanjangan dari Very Small Aperture Terminal. VSAT adalah sebuah jalur komunikasi melalui satelit yang menggunakan antena berbentuk parabola kecil. Kepanjangan VSAT itu sendiri sebenarnya merujuk kepada ukuran antena yang cenderung kecil, tapi tetap kuat untuk digunakan sebagai terminal telekomunikasi satelit. Ukuran antena VSAT umumnya berkisar antara 0.6 - 2.4 meter. Namun ada juga yang memiliki ukuran antena 3 - 6 meter.

Fungsi/Kegunaan VSAT Dan Contoh Kegunaannya Dalam Sehari-Hari
Pengertian VSAT secara lengkap telah dijelaskan di artikel sebelumnya, kini kita akan membahas mengenai Fungsi atau kegunaan VSAT.

VSAT dalam pengertiannya adalah sebuah jalur telekomunikasi, atau jalur komunikasi jarak jauh. Secara garis besar VSAT itu bisa buat nelpon, internetan, nonton TV atau cuma untuk pertukaran data dari satu VSAT ke VSAT lain. Pada umumnya VSAT berguna untuk menghubungkan orang-orang yang berada di daerah terpencil dengan internet.

Tidak hanya untuk untuk orang-orang di daerah terpencil, VSAT juga bisa atau sering digunakan untuk kebutuhan Internet Satelit di kota-kota besar bahkan di kota-kota besar.

Namun orang-orang di kota besar lebih memilih internet Fiber Optik karena masalah harga yang jauh lebih murah, walaupun jaringan internet fiber optik belum seluruhnya walaupun di kota-kota besar sekalipun.

Terlebih lagi, cukup mahal biaya yang diperlukan oleh provider internet kabel untuk membangun infrastruktur fiber optik di setiap daerah. Soalnya Indonesia itu besar dan banyak kepulauannya. Make sense kan? Tapi memang, biaya yang diperlukan user untuk berlangganan VSAT relatif lebih mahal dibanding berlangganan fiber optik. 

Ini karena dengan VSAT anda harus membeli seperangkat equipmentnya dulu yang harganya belasan juta. Ditambah harga penyewaan bandwidth satelit juga tergolong mahal karena biaya peluncuran satelit itu sangat mahal. 

Fungsi/Kegunaan VSAT Dan Contoh Kegunaannya Dalam Sehari-Hari
Contoh Kegunaannya Dalam Sehari-Hari

Contoh pengaplikasian teknologi VSAT dalam kehidupan sehari-hari bermacam-macam. Dengan adanya VSAT, orang yang bekerja di daerah-daerah terpencil atau pelosok di Indonesia dapat memiliki akses internet.

Pekerja-pekerja perminyakan yang berdinas di tambang dapat terkoneksi dengan internet satelit. Pekerja yang berada di kepulauan kecil dapat menghubungi sanak saudara dirumah. Kapal-kapal dapat diketahui lokasinya dengan VSAT GPS, bahkan sekarang penumpang pesawat dan kapal juga dapat internetan. 

Pada umumnya ATM-ATM yang terletak di kota-kota besar juga menggunakan VSAT lho, karena ATM itu banyak sekali dan letaknya terpencar pencar. Agar segera up and running maka digunakanlah VSAT. Daripada harus tarik-tarik kabel, makan waktu, belum lagi masalah perizinan, dan biayanya jadi mahal. Karena VSAT adalah alat yang menggunakan satelit sebagai jalur komunikasi, pengadaan internet sebagai jalur telekomunikasi jauh lebih praktis. 

Contoh Kegunaannya Dalam Sehari-Hari
Karena Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, terdiri dari  17,508 - 18,306 pulau. VSAT adalah solusi internetan yang sangat berguna di Indonesia. Soalnya banyak pulau-pulau kecil yang terpisah dengan pulau utama, jadi sulit bagi penyedia layanan internet fiber optik untuk membangun infrastrukturnya di semua pulau. Sehingga VSAT merupakan solusi internetan atau jalur komunikasi yang sangat bermanfaat di Indonesia. 

Sumber : www.qilat.id

Terkait penelusuran anda tentang, pengertian vsat, apa itu vsat, fungsi vsat, cara kerja vsat kegunaan vsat, internet dengan vsat, apa saja kegunaan vsat, alat-alat untuk vsat, isp vsat, harga isp vsat, internet via satelit, internet jalur satelit, modem vsat, hub vsat.

0 komentar

Post a Comment