November 12, 2017

Mengatasi LNB Yang Tidak Konek/Terdeteksi/Terbaca

Mengatasi LNB Yang Tidak Konek/Terdeteksi/Terbaca - Masalah atau gangguan yang sering terjadi yang di alami para pengguna parabola adalah hilangnya sinyal satelite di indikator atau bar sinyal pada receiver, hal itu mengakibatkan chanel yang sudah ada tidak memunculkan siaran atau blank.

Hilangnya sinyal di indikator atau bar sinyal di receiver bisa disebabkan beberapa hal, sperti kita tahu di receiver parabola indikator sinyal itu ada dua jenis yaitu  INTENSITAS SINYAL dan KUALITAS SINYAL, jika yang hilang adalah KUALITAS SINYAL itu besar kemungkinan disebabkan arah paraboala sudah tidak mengarah pada posisi satelit yang dituju, namun jikayang hilang adalah keduanya baik itu INTENSITAS SINYAL dan KUALITAS SINYAL bisa dipastikan hal tersebut dikarenakan LNB atau KONEKTIFITAS ke jalur LNB mengalami gangguan atau bermasalah.


Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa melakukan atau memperbaiki beberapa hal dan mengecek secara bertahap.

Jika anda mengalami gangguan pada siaran parabola anda yaitu INTENSITAS SINYAL DAN KUALITAS SINYAL hilang, anda bisa mengikuti dan memperbaiki dengan cara dibawah ini.

CARA MENGATASI LNB YANG TIDAK KONEK / TERDETEKSI / TERBACA

1. PERIKSA KABEL YANG MENHUBUNGKAN ANTARA RECEIVER DAN LNB


Untuk mengatasi LNB yang tidak konek, hal yang pertama anda harus lakukan adalah memeriksa kabel yang menghubungkan antara LNB dan receiver anda, bisa jadi kabel tersebut terputus atau terlepas dari receiver atau LNB.

2. PERIKSA KONEKTOR F PADA RECEIVER DAN LNB


Konektor menjadi bagian penting sebagai penghubung antara kabel dengan LNB, periksalah bagian konektor di LNB maupun di Receiver, pastikan konektor terhubung kuat dengan kabel, gantilah konektor tersebut bila perlu, karena jika konektor ini berkarat atau sudah longgar maka LNB tidak akan terbaca di receiver.

3. BERSIHKAN SLOT KONEKTOR PADA LNB DAN RECEIVER


Slot konektor ini berada pada bagian LNB maupun receiver yang terhubung dengan kabel melalui F konektor, bersihkan lubanya agar penerimaan sinyal menjadi normal kembali.

4. PERIKSA DISEQ  ATAU SWITCH 22K


Jika anda menggunakan lebih dari 1 LNB untk dihubungkan dengan receiver maka anda wajib memeriksa diseq atau switch jika INTENSITAS SINYAL menghilang, bersihkan konektornya atau jika rusak gantilah diseq atau switch tersebut.

5. GANTI LNB
Ini adalah hal terakhir jika cara diatas tidak kunjung mengembalikan INTENSITAS SINYAL DAN KUALITAS SINYAL, jika sinyal indikator sinyal masih tidak muncul berarti bisa dipastikan LNB anda rusak, anda bisa mencoba untuk menggunakan LNB yang baru untuk mengidentifikasi masalah ini, 

Walaupun LNB didesain khusus untuk tahan diluar ruangan atau di desain khusus untuk penggunaan outdoor, tetapi seiring berjalannya waktu dan pemakaian maka LNB anda akan mengalami penurunan kualitas dan fungsi, itu bisa terjadi karena komponen LNB yang berkarat atau karena salah satu komponen mengalami kerusakan.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Terkait penelusuran anda tentang, cara mengatasi LNB yang tidak terbaca, mengatasi LNB yang rusak, mengatasi LNB yang tidak konek, mengatasi sinyal parabola hilang, mengatasi sinyal parabola LNB, memperbaiki sinyal LNB, intensitas sinyal hilang, kualitas sinyal hilang, mengatasi chanel parabola yang hilang, mengatasi chanel parabola blank,


0 komentar

Post a Comment