August 9, 2017

Cara Setting Router OpenWRT Sebagai Penerima Sinyal Wifi


Router yang sudah di instal dengan OpenWrt bisa menjadi mempunyai banyak fungsi, salah satunya adalah penangkap sinyal wifi. fitur ini bisa kita gunakan untuk menangkap sinyal wifi di outdor maupun indor lalu di sebarkan di sekitar kita, atau di sharing ke beberapa perangkan seperti laptop, pc, hp, dan lain-lain.

OpenWrt menjadi salah satu solusi jika kita mempunyai router yang belum memiliki fitur yang lengkap seperti menerima sinyal wifi dan menjadikannya sebagai koneksi utama. dengan OpenWrt router menjadi lebih bermanfaat dan banyak fungsi.

Dibawah ini akan saya jelaskan Cara Setting OpenWrt Sebegai Penerima Sinyal wifi, mode yang akan digunakan yaitu mode client, yaitu kita menjadikan router sebagai penerima wifi saja, dengan disambungkan ke pc/laptop dengan menggunakan kabel UTP. atau bisa di sambungkan dengan router kedua sebagai acces point.

Sebetulnya kita bisa menggunakan metode Acces Point agar tidak perlu router tambahan untuk sharing ke beberapa device dengan menggunakan wifi ataupun kabel UTP, tapi untuk mendapatkan koneksi yang stabil saya sarankan menggunakan mode client atau sebagai penerima saja.

Caranya Sebagai Berikut

1. Masuk ke Open Wrt pada browser, alamat default biasanya 192.168.1.1 lalu masukan username dan password.


2. Setelah masuk maka akan muncul halaman status overview, lalu klik pada tab network dan pilih wireless.


3. Lalu akan masuk ke halaman wireless overview, lalu klik scan.


4. setelah scan berlangsung maka akan muncul nama-nama SSID atau jaringan sinyal wifi yang akan kita terima dengan router kita, selanjutnya klik Joint Network. pada salah satu nama SSID.


5. Lalu pada halaman selanjutnya masukan password pada kolom WPA Passphrase. lalu klik submit pada bagian bawah


6. lalu setelah itu akan masuk ke halaman interface configuration, scroll ke bawah dan pilih mode clent, jika sudah biarkan saja, lalu scroll kebawah dan klik Save and Apply


7. Setelah itu open wrt akan menerapkan settingan, tunggu sebentar sampai keluar halaman selanjutnya.


8. Setelah itu akan keluar halaman wireless overview, disini terlihat kualitas sinyal, mac adress, dan rate rx/tx,


9. Setelah itu cobalah untuk mencoba browsing internet, jika passwod SSID benar, dan sinyal bagus, maka router anda akan terkoneksi dengan stabil dan baik.

Itulah cara bagaimana menjadikan Router OpenWRT sebagai penerima Wifi, anda juga bisa mencoba/bereksperimen dengan mode-mode yang lain yang tersedia di OS OpenWrt.

Semoga tulisan ini bermanfaat
Terimakasih.


22 komentar:

  1. mau nanya mas, aku baru belajar openwrt kalo pas klik scan tp ga muncul nama2 ssid gimana ya? padahal disekitar ku banyak sinyal wifi/ ssid bertebaran

    ReplyDelete
  2. coba agan tes dulu pakai wifi hp, (thatering hotspot) terus agan scan pakai openwrt nya, tapi dalam jarak dekat, kalau misalkan terbaca berarti jangkauan wifinya kurang jauh untuk menerima wifi yang disekitar, kalau tidak terbaca/ terscan satupun berarti routernya bermasalah. kalau boleh tau pakai router jenis apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake hp bisa muncul banyak ssid ato wifi, pake tp link wa 7210n v2 firmware openwrt chaos chalmers, tolong mas mungkin ada setting yang salah, soalnya ga tau mau tanya kemana lg.., kalo boleh apa bisa nanya lewat WA saja biar bisa ngasih foto bagian mana yg aku tidak bisa

      Delete
    2. pada langkah ke 3 itu yang ga muncul apa2 ketika klik scan

      Delete
    3. update, mas aku udh bisa scan wifi, ternyata tangkapan sinyal wifi tp link wa7210n pake firmware openwrt menjadi lemah sekali, router menjadi tisak stabil, mungkin msh bny bug, aku udh kembalikan ke firmware asli hehehe, makasih mas sharingnya

      Delete
    4. kalo wa7210n, firmware bawaanya kalo menurut saya emang udah bagus gan. sama-sama gan, terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  3. Replies
    1. terimaksih sudah berkunjung, saya jga sudah jalan-jalan ke blog agan... keren juga

      Delete
  4. toturial mengembalikan nya lgi ke settingan semula gmn gan?

    ReplyDelete
  5. toturial mengembalikan nya lgi ke settingan semula gmn gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk ke ruter pake aplikasi putty, masukan perinatah firstboot

      Delete
  6. Mas bisa gak . Kan itu nangkap akses internet dari wifi . Terus di sebarin lagi???

    ReplyDelete
  7. Sy sudah coba sesuai tulisan diatas.
    Cuman yg jadi persoalan, wifi openwrt sy sudah gak terdeteksi..
    Apakah namanya juga akan berubaj sesuai nama wifi hotspot sumber??

    ReplyDelete
  8. Sy sudah coba sesuai tulisan diatas.
    Cuman yg jadi persoalan, wifi openwrt sy sudah gak terdeteksi..
    Apakah namanya juga akan berubaj sesuai nama wifi hotspot sumber??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gan, nama SSID pada router kita, kita yang buat, kalau untuk repater, setelah agan konek ke SSID target dengan mode client, lalu agan bikin lagi wifi baru dengan mode accespoint, tapi jangan lupa LAN nya dicenklis pada saat pembuatan SSID baru.

      Delete
    2. Ok mas. Nanti dicoba lagi. Tq blognya nambah ilmu.

      Delete
    3. Maaf mas. Persoalannya, sy mau gunakan repeater hotspot tetangga sekaligus dengan modem 4g di openwrt saya secara bergantian. Soalnya salah satunya terkadang lelet. Terimakasih atas ilmunya.

      Delete
  9. Mas, saya berhasil konek openwrt ke hotspot HP.
    Tapi laptop (yang terkoneksi ke LAN openwrt) masih belum bisa konek internet. Pertanyaannya kalau LAN pada openwrt diseting bagaimana? soalnya bingung nentukan gateway untuk laptop, sudah dikasih ip openwrt (atau hasil DHCP) laptop tetap tidak bisa akses internet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba laptopnya pakai ip static dulu gan, dapet ip apa ngga... coba pas joint ke hotspot hp nya, si wifi open wrt nya jadikan wan, atau pada bagian wan nya di centrang, dan bisa jadi ada settingan interface yang salah, agan bisa coba reset dahulu router openwrtnya. lalu setting dari awal,

      Delete
  10. Jadi seakan-akan internet dari hotspot tidak ter-share ke port LAN.

    ReplyDelete