September 28, 2017

TIPS AGAR PENGGUNAAN RECEIVER PARABOLA OPTIMAL DAN AWET.

Receiver parabola adalah suatu alat yang digunakan untuk menerima sinyal dari antena parabola yang dipancarkan satelit lalu merubahnya menjadi tayangan/siaran audio maupun video.

*CEK HARGA TERBARU RECEIVER DISINI

Pada saat ini, banyak sekali jenis receiver parabola yang dijual dipasaran dengan memiliki berbagai fitur, harga dan kualitas yang berbeda.



Receiver parabola memiliki peran utama dalam menayangkan siaran tv satelit sama halnya denga antena parabola dan lnb.

Karena kualitas dan fitur receiver parabola yang berbeda pada setiap merek, untuk itu kita perlu mengoptimalkan penggunaan receiver parabola agar kita mendapatkan hasil tayangan yang maksimal walaupun menggunakan receiver dengan kualitas dan harga standar. karena receiver dengan harga yang mahalpun belum tentu memiliki kualitas yang baik.

Dibawah ini adalah beberapa cara untuk mengoptimalkan penggunaan receiver parabola yang kita miliki. agar receiver berfungsi dengan baik dan memiliki ketahanan yang baik.

1. GUNAKAN STABILIZER UNTUK SUPLY POWER.
Penggunaan stabilizer sangat dianjurkan tidak hannya pada receiver namun juga pada alat elektronik lainnya, gunakan stabilizer agar arus yang di terima oleh receiver stabil, apalagi daya listrik dirumah anda sering mengalami naik turun.

2. TEMPATKAN RECEIVER DI RUANG TERBUKA
Tempatkan receiver anda di tempat yang memiliki cukup ruang untuk menjaga agar receiver anda tidak cepat panas.

3. GUNAKAN KIPAS PENDINGIN
Receiver mengalami panas saat dipakai memang normal terjadi, tapi gunakanlah kipas pendingin agar suhu pada receiver tidak overheat, apalagi anda menggunakan receiver dalam waktu yang lama, anda bisa menggunakan kipas pendingin laptop sebagai alternatif, atau dengan membuatnya sendiri dengan sedikit kreatifitas dan modifikasi.


4. MATIKAN RECEIVER BILA TIDAK DIPAKAI
Beberapa kasus dari kerusakan receiver terjadi karena receiver tidak pernah istirahat, terkadang setelah menonton kita hanya mematikan tv saja tanpa mematikan receiver, matikan receiver bila tidak digunakan, kalu perlu cabut kabel power receiver, biarkan receiver anda istirahat agar komponen yang ada pada receiver awet dan tidak cepat rusak.

5. JANGAN TEMPATKAN RECEIVER DI ATAS ALAT ELEKTRONIK LAIN
Sering sekali kita melihat receiver ditempatkan di atas elektronik lain seperti tv, dvd dan sebagainya, hindarilah hal tersebut, agar terhindar dari konsleting dan menghindari panas dari elektronik lain.

6. UPGRADE FIRMWARE RECEIVER DENGAN FIRMWARE TERBARU
Seperti halnya hp atau komputer, receiver juga memerlukan upgrade firmware, upgrade firmware bertujuan untuk memperbaiki bug atau kelemahan dari firware sebelumnya, upgrade firmware terbaru biasanya menyertakan fitur-fitur yang terbaru dan memperbaiki kelemahan pada fitur sebelumnya. upgrade dengan firmware yang resmi dari web resmi merek receiver anda, berhati-hatilah dalam melakukan upgrade firmware, karena kesalahan upgrade akan mengakibatkan receiver anda mati total.

7. JANGAN GUNAKAN SLOT USB RECEIVER UNTUK KEPENTINGAN LAIN
Receiver yang dilengkapi dengan slot usb, bisa digunakan untuk penggunaan modem, dongle wifi, memutar multimedia dari flash disk, dan sebagai media penyimpanan untuk merekam siaran, jangan gunakan untuk kepentingan lain seperti men carger handphone, jika anda menggunakan kipas pendingin jangan gunakan slot usb sebagai power untuk kipas, gunakanlah secara terpisah, agar tegangan di receiver tidak menimbulkan beban lebih sehingga mengganggu kinerja receiver anda.


8. BERSIHKAN RECEIVER SECARA BERKALA
Kebersihan receiver anda perlu dijaga, bersihkanlah receiver dari debu dan kotoran lainnya, agar komponen pada receiver tidak terganggu oleh debu yang menempel pada receiver.

9. BACK UP DATA PADA RECEIVER
Back up data receiver juga perlu dilakukan, apalagi untuk receiver yang sering mengalami upgrade firmware agar settingan, chanel, transponder yang kita punya sebelumnya tidak hilang begitu saja setelah melakukan upgrade firmware.

10. HINDARI HUMAN ERROR
Sebagian besar kerusakan dan kesalahan pada penggunaan receiver terjadi karena kesalahan pemiliknya, jadi rawatlah receiver anda sebagaimana mestinya.

Itulah beberapa TIPS AGAR PENGGUNAAN RECEIVER PARABOLA OPTIMAL DAN AWET, semoga tips diatas membantu.

Terimakasih.

0 komentar

Post a Comment