15 Maret 2017

CIRI-CIRI HARDISK YANG BAD SECTOR

Hardisk adalah salah satu komponen penting didalam sebuah komputer atau laptop, jika hardisk komputer/laptop kita bermasalah, maka performa komputer kita akan menurun bahkan sangat mengecewakan karena sering terjadi gangguan.

Permasalahan pada hardisk di akibatkan  karena banyak faktor (FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN PADA HARDISK ), jika hardisk bermasalah tidak menutup kemungkinan dapat mengakibatkan komponen lain pada komputer juga ikut bermasalah, contohnya seperti RAM, jika hardisk bermasalah tentu kerja RAM akan semakin bertambah, mungkin juga RAM bisa mati/rusak karena komputer sering mati/restart disebabkan karena hardisk bermasalah.

Hardisk yang bermasalah bisa di deteksi dengan cepat dengan cara mengetahui gejala-gejalanya ataupun efek yang timbul terhadap kinerja komputer kita, bisa jadi permasalahan pada hardisk terjadi karena BAD SECTOR,



BAD SECTOR pada hardisk adalah : " Keadaan dimana dari salah satu atau beberapa sector hardisk atau media penyimpanan mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan untuk menyimpan data secara optimal."


Berikut adalah cara mendeteksi atau CIRI-CIRI HARDISK YANG BAD SECTOR

1. Komputer sering FREEZE / hang
Pernah pada saat kita menggunakan komputer seperti biasa namun secara tiba-tiba komputer freeze, keadaan dimana kita tidak bisa menggerakan pointer mouse dan tidak bisa menggunakan keyboard semua proses komputer menjadi terhenti seperti membeku namun komputer masih menyala, hal itu terjadi biasanya padasaat transfer file ke hardisk kita atau pada saat kita melakukan save pekerjaan kita. bisa jadi itu terjadi karena hardisk kita yang bermasalah / Bad Sector.




2. Komputer sering Restart/mati
Salah satu penyebab komputer sering restart atau mati secara tiba-tiba itu pun biasanya terjadi karna hardisk kita yang bad sector, mungkin juga didukung karena performa RAM yang sudah menurun sehingga menyebabkan komputer mati atau restart dengan sendirinya.


3. Tansfer File memakan waktu lama kadang gagal.
Pada saat memindahkan file dari hardiks external atau flashdisk ke hardisk komputer kita memakan waktu yang sangat lama walaupun data yang di transfer berukuran kecil, tak jarang saat kita mentransfer data ke komputer gagal karena komputer freeze atau komputer mati, itu juga bisa disebabkan karena hardisk yang sudah Bad Sector.



3. Komputer mengalami Bluescreen.
Pernah pada saat kita menggunakan komputer seperti biasa namun secara tiba-tiba komputer  mendadak mengeluarkan layar biru berisi kode-kode error, hal itu dilakukan windows menghentikan segala aktifitas komputer karena mendeteksi adanya permasalahan pada software atau hardware.



4. Hardisk mengeluarka bunyi.
Hardisk yang mengeluarkan bunyi seperti tikus yang sedang mengerat atau bunyi seperti jam yang sedang berdetuk terjadi karena piringan yang ada di dalam hardisk mengalami korosit, sehingga menyebabkan hardisk bad sector.



5. Start Up komputer lambat / loading lambat pada saat menyalakan komputer.
Proses loading pada saat pertama kali sangat lambat bisa terjadi karena hardisk yang bad sector itu mungkin terjadi karena badsector pada hardik berada di sector awal yang berisi sistem komputer.



Itulah beberapa ciri dan gejala yang ditimbulkan ketika hardisk kita mengalami masalah, yang lebih sering terjadi karena Bad Sector,

TIPS : Ketika dirasa performa komputer atau kaptop kita sudah menurun atau terjadi kendala atau ciri-ciri seperti diatas, kita bisa cek hardisk kita apakah mengalami bad sector atau tidak secara spesifik dengan menggunakan sofware yang bernama HARDISK REGENERATOR.

Mungkin masih banyak ciri-ciri atau gejala yang ditimbulkan karena hardisk yang mengalami bad sector, usahakan cek secara berkala keadaan sector pada hardisk anda.

Terimakasih, semoga bermanfaat.


BERIKUTNYA :

CARA MEMPERBAIKI HARDISK YANG BAD SECTOR

0 komentar

Posting Komentar