March 15, 2017

CARA MEMPERBAIKI HARDISK YANG BAD SECTOR

Di artikel sebelumnya saya membahas tentang ciri-ciri hardisk yang mengalami bad sector, sekarang saya akan membahas mengenai bagaimana CARA MEMPERBAIKI HARDISK YANG BAD SECTOR.



Namun sebelum itu mungkin teman-teman perlu mengetahui sebab-sebab hardik dapat terjadi bad sector, baca disini FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN PADA HARDISK

Perbaikan pada hardisk tidak harus selalu di bawa ke tempat service dan mengandalkan teknisi komputer, dengan sedikit usaha dan ketekunan sendiri pun kita bisa memperbaiki hardisk yang rusak, dengan catatan hardisk tersebut masih terbaca oleh komputer kita, jika hardisk yang akan kita perbaiki sudah tidak terdetect komputer kita, permasalahan mungkin sangat berat bisa terjadi karena salah satu komponen hardisk yang rusak.

Kerusakan yang bisa kita perbaiki sendiri disini kasusnya adalah hardisk mengalami BAD SECTOR, seperti yang dibahas di artikel sebelumnya BAD SECTOR adalah " Keadaan dimana dari salah satu atau beberapa sector hardisk atau media penyimpanan mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan untuk menyimpan data secara optimal."

Perbaikan bad sector pada hardisk dapat dilakukan dengan menggunakan software khusus, banyak software yang bisa digunakan untuk memperbaiki hardisk yang bad sector, software tersebut bisa berjalan dengan metode under windows ataupun dos dengan cara booting flashdisk atau cd.

Disini saya akan menggunakan program khusus bernama HDD REGENERATOR, program ini bisa digunakan pada saat kita menjalankan windows dengan cara, atau dengan booting dari cd atau flashdisk, HDD REGENERATOR juga tersedia di dalam hirent Boot Cd.

1. Download dan instal HDD Regenerato, lalu jalankan

2. Pada menu utama ada tiga pilihan untuk menjalankan software tersebut. lihat gambar dibawah


A. Klik tab A pada gambar jika kita akan menjalankan HDD Regenerator Under windows atau pada saat kita menjalankan windows
B . Klik tab B pada gambar jika kita ingin menjalankan HDD Regenerator dengan cara booting dari flash disk.
C. Klik tab C pada gambar jika kita ingin menjalankan HDD Regenerator dengan cara booting dari CD

2. Disini saya akan menggunakan pilihan A, yaitu menjalankan HDD Regenerator yaitu under windows, tapi saya sarankan, demi keamanan hardisk anda lebih baik gunakan metode bootable flashdisk atau cd karena lebih aman.

3. Sesudah memilih tab A akan muncul menu seperti dibawah ini, untuk memilih hardisk mana yang akan kita perbaiki, klik pada hardisk yang akan di repair.


3. Lalu muncul tampilan baru seperti dibawah ini, dalam kotak hitam dibawah berisi menu pilihan metode repair/perbaikan

no 1. jika kita ingin scaning sector sekaligus memperbaiki bad sector
no 2. jika kita hanya ingin scaning sector saja untuk melihat sector yang bad
no 3. jika kita ingin memperbaiki semua sector walaupuntidak semua sector rusak
no 4. untuk melihat sttistik hasil scan dan repair.



4. disini saya akan pilih opsi nomor 1 yaitu untuk scan dan repair, setelah dipilih no 1 maka selanjutnya akan muncul pemberitahuan dari sctor mana kita akan melakukan scan dan repair saya rekomendasikan dari posisi default saja atau sector 0, karena kerusakan sector di awal berakibat komputer susah masuk ke windows.



4. Lalu proses scaning dan repair akan berjalan, tunggu sampai selesai, usahakan jangan sampai komputer mati karena akan mengakibatkan hardisk rusak.


5. kalau bad sector terdeteksi maka akan muncul seperti contoh gambar dibawah ini hurup B adalah ketika sector tersebut terdeteksi error atau bad, ketika terdeteksi maka akan otomatis melakukan repair yaitu dengan meregenerating sector tersebut, kemudian hurub B akan berubah menjadi R seperi dibawah ini.


Tunggu proses sampai selesai, waktu scan dan repair tergantung dari seberapa parah hardisk yang terkena bad sector.

Sekali lagi saya rekomendasikan untuk melakukan perbaikan dengan metode bootable dari flashdisk atau cd untuk keamanan.

jika ingin melakukan perbaikan, lakukan dengan hati-hati dan ikuti tutorial secara bertahap, resiko dittanggung sendiri (DWYOR)

Semoga bermanfaat,
TERIMAKASIH.

0 komentar

Post a Comment