22 Februari 2017

CARA SETTING PINGLOOP UNTUK TIKET FLY DI OPENWRT PULPSTONE

   Di artikel sebelumnya saya membahas tentang instal openwrt tanpa instal paket modem dan pingloop, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara setting pingloop untuk tiketfly supaya lebih maksimal,



    Untuk para pengguna card sharing atau yang lebih dikenal dengan istilah fly, yang menggunakan router OpenWrt untuk koneksi internet dan alat tambahan agar fly bisa lancar seperti fta aplikasi pingloop yang di instal di openwrt sangat penting untuk menjaga koneksi tetap stabil sehingga koneksi server dari penyedia server tiketfly tidak terputus atau pun dalam keadaan idle.

    Berikut akan saya jelaskan bagaimana cara setting pingloop agar lebih maksimal. yang harus di perhatikan adalah operator seluler yang anda gunakan harus yang stabil di daerah anda, karena percuma saja menggunakan pingloop kalau jaringan operator yang anda gunakan sangat buruk.
 
    disini saya menggunakan receiver SKYBOX A1 sebagai alat tempur dan Router ASL 26555 yang sudah di instal openwrt PULPSTONE.

1. cek ip receiver anda: dengan cara masuk ke menu pilih wifi


yang dilingkari merah adalah alamat ip receiver saya
2. kemudian buka aplikasi pingloop yang ada dirouter, bisa lewat hp atau lewat komputer, tetapi hp/pc anda sebelumnya harus sudah terkoneksi dengan router, disini saya menggunakan hp android, buka browser anda lalu ketikan alamatnya 192.168.1.1/cgi-bin/pingloop lalu akan muncul tampilan seperti dibawah

itu adalah tampilan pingloop bawaan openwrt pulpstone v3 by mikodemons

2. pada host ping biasanya bawaan atau default isinya adalah www.google.com, namun saya ganti dengan dns google yaitu 8.8.8.8, yang menurut saya lebih stabil kalau melakukan ping kesitu.

3. pada byte count, isikan sesuai dengan keinginan anda semakin besar semakin baik, byte count ini adalah ukuran besaran data yang yang di reply oleh host ping (kalau tidak salah), semakin besar semakin baik, semakin banyak pula kuota yang dipakai, isikan sesuai dengan jaringan di tempat anda, kalau jaringan buruk isi kolom tersebut dengan angka yang lebih besar, sesuaikan dan coba rubah sesekali untuk merasakan perbedaan.

4. pada kolom ip addr rx 1 isikan alamat ip receiver kita yang tai kita cek lewat menu wifi, kolom ip addr rx 2 di isi kalau kita memakai 2 receiver untuk fly, kalau hanya satu, biarkan default saja, setelah itu klik update config lalu klik start pingloop.



cobalah settingan tersebut digunakan untuk fly, kalau dirasa masih jelek atau kurang stabil, anda bisa merubah host,byte atau kolom-kolom yang lainnya untuk bahan percobaan. silahkan ber experimen sendiri.

"budayakan komentar, untuk koreksi dan tambahan lainnya"

semoga bermanfaat terimakasih

Artikel ini dibuat semata-mata untuk berbagi informasi dan pengetahuan,  Blog ini TIDAK menjual atau menyewakan alat, jasa, dan fasilitas untuk sesuatu yang tidak benar atau melanggar hokum, Oleh karena itu, penulis  tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat penggunaan informasi yang ada pada blog ini.

27 komentar:

  1. saya pakai mifi andromax m3z dan wifi dodle sumpit merk tenda.. tanpa ruter.. apa bisa di terapkan seperti ulasan di atas..? kalau bisa bagaimana caranya..? thanks

    BalasHapus
  2. cara di atas di terapkan hanya untuk router yang sudah terinstal openwrt..
    kalau di mifi saya belum nemu caranya gan, biar bisa auto ping..

    BalasHapus
  3. gan ada toturial cara masukkan tiket fly langsung ke dalam system router movistar ga neh.kalau ada di share gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok, nanti saya coba dulu..

      Hapus
    2. ditunggu gan toturialnya.biar lebih josss terbangnya

      Hapus
  4. Gan ane pake Firmware Version OpenWrt Chaos Calmer 15.05 / LuCI (git-15.248.30277-3836b45) bukan Pulpstone, cara seting pingloopnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada pingloopnya, harus instal dulu..

      Hapus
  5. Jooos ada perubahan--reuter movistar

    BalasHapus
  6. Ikut nunggu imput tiket di router gan, katanya lebih mantaf

    BalasHapus
  7. Saya pke skybox a1 HD untuk Fly via modem E173 dan dongle wifi merk skybox, tapi hasilnya sama aja sering putus tiap 10 detik kayak CD rusak itu. Kira2 ap solusinya ya om? Ap kalo saya pke router moviestar yg ping loop pasti bisa lancar untuk Fly nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pengen lancar, baiknya pake router openwrt yang udah ada pingloop nya.. kalo blm punya router bisa pake hp androoid, pake aplikasi ping, cari aja di blog ini tutornya.

      Hapus
    2. bener..aku pake router movistar yg sdah openwrt trus ada pulpstonenya...tapi nyatanya..tetap az sering kaya vcd rusak...malah bagusan pake hp..nyesel gwa beli movistar+modem 3g..

      Hapus
    3. beda tkp beda kualitas jaringan sepertinya, kalo setting pingloopnya benar, jaringan bagus, sepertinya bakalan cling...

      Hapus
  8. Gan,, bgmna menyimpan pengaturan y setelah di edit secara permanen agar tidk berubah lg. Soal y klo router di restart, pingloop y kembali seperti awal lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo selesai perubahan klik update config, tris start ping_loop

      Hapus
  9. sy sdh coba rubah2 angkanya gan, tp tetap aja jelek, klo di ping manual via android misalnya baru bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake router, modem sama sc apa kalo boleh tau??

      Hapus
    2. pake router gl-inet, modem huawei e173 & sc telkomsel gan

      Hapus
  10. harusnya alat tempur segitu udah bisa cling..
    saran saya sih coba set dari awal deh, atw pinjem temen dulu pake ruter sama modem yang laen.

    BalasHapus
  11. modem jangan dipakai download kalau bisa, khusus untuk fly saja.. jangan ada perangkat lain masuk, karena mempengaruhi kualitas ping.

    BalasHapus
  12. Cuba yang ini
    8.8.8.8
    count 5
    invertal 1
    timeout 5
    byte count 8
    makin besar byte count makin mudah loss packet

    BalasHapus
  13. Gabung di grup openwrt, pernah dengar ttg tiketfly, tp baru mulai paham soal tsb di sini, he he ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadikan pengetahuan saja gan, jangan dipraktekan,,hhhe

      Hapus
  14. kalo router nya pakai mikrotik bagaimana cara pingloop nya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan, saya belum coba fly pake router mikrotik, coba tanya ke forum mikrotik,

      Hapus