1 Maret 2017

APA ITU SATELIT ?

    Setelah beberapa kali membahas tentang parabola dan satelite serasa ada yang kurang kalau kita belum mengetahui apa itu satelite, apalagi bagi anda para pemburu satelite atau para tracker, apalagi teknisi parabola pasti merasa aneh kalau ada user yang nanya, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan penjelasan singkat satelite yang dikutip dari situs wikipedia yang isi tulisannya sangat panjang lebar, jadi sebagian orang malas membacanya, disini saya akan bantu persingkat supaya anda sedikitnya mengetahui apa itu satelite, supaya kalau ada user yang nanya kita tidak pura-pura lupa padahal tidak tau, atau berlaga so pinter jawab asal-asalan.



    Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yaitu satelit alam dan satelit buatan. sekarang tentu saja kita akan menjelaskan satelite buatan. Menurut NASA, ada sekitar 3.000 satelit beroperasi di orbit bumi dari sekitar total 8.000 objek buatan manusia. Dalam sejarahnya, SSN telah melacak lebih dari 24.500 benda ruang angkasa yang mengorbit bumi.

    Satelit merupakan sebuah benda di angkasa yang berputar mengikuti rotasi bumi. Satelit dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan keguaananya seperti: satelit cuaca, satelit komonikasi, satelit iptek dan satelit militer.

    Untuk dapat beroperasi,  satelit diluncurkan ke orbitnya dengan bantuan roket. Negara -negara maju seperti Amerika Serikat, Rusia, Perancis dan belakangan Cina, telah memiliki stasiun untuk melontarkan satelit ke orbitnya.

Posisi satelit pada orbitnya ada tiga macam, yaitu

Low Earth Orbit (LEO): 500-2.000 km di atas permukaan bumi.
Medium Earth Orbit (MEO): 8.000-20.000 km di atas permukaan bumi.
Geosynchronous Orbit (GEO): 35.786 km di atas permukaan bumi.

    Seluruh pergerakan satelit dipantau dari bumi atau yang lebih dikenal dengan stasiun pengendali. Cara kerja dari satelit yaitu dengan cara uplink dan downlink. Uplink yaitu transmisi yang dikirim dari bumi ke satelit, sedangkan downlink yaitu transmisi dari satelit ke stasiun bumi.

    Komunikasi satelit pada dasarnya berfungsi sebagai repeater di langit. Satelit juga menggunakan transponder, yaitu sebuah alat untuk memungkinkan terjadinya komunikasi 2 arah.

  Umumnya komunikasi satelit menggunakan banyak tranponders. Contohnya Intelsat VIII menggunkan 44 transponders dapat mengakomodir 22.500 telepon sirkuit dan 3 channel TV, pada masa sekarang ini sampai bisa mengakomodir komunikasi di Asia dan Afrika.

    Antena satelit sangat penting peranannya dalam jaringan komunikasi satelit. Karena benda yang ini berfungsi sebagai penerima transimisi di setiap kawasan di dunia. Sedangkan satellite spacing (penempatan satelit) digunakan agar dalam melakukan transmisi lebih mudah berdasarkan kawasannya.

    Sedangkan power system yang digunakan oleh satelit diperoleh melalui sinar matahari yang diubah ke bentuk listrik yang menggunakan Sel surya (Solar cells). Selain itu, satelit juga dilengkapi dengan sumber tenaga yang berdurasi sekitar 12 sampai 15 tahun yang merupakan bahan bakarnya agar dapat beroperasi.


   Penjelasan singkat di atas belum termasuk jenis-jenis dan perbedaan satelite berdasarkan fungsinya, kalau di jelaskan mungkin bisa panjang lebar, setidaknya anda sebagai tracker mengetahui secara garis besar apa itu satelite.

itulah sedikit penjelasan tentang apa itu SATELITE, semoga bermanfaat untuk teman-teman tracker semua


terimakasih










0 komentar

Posting Komentar